RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
F.7.5.1 WKS 1.4 |
NO.30
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Kalibagor
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian : AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI
Materi : Ketentuan Hukum Pernikahan dalam Islam
- Rukun Nikah
- Muhrim
- Kewajiban suami isteri
- Talak
- Rujuk
- Hikmah perkawinan
- Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan Ke : 1 - 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
---------------------------------------------------------------------
Standar Kompetensi : 30. Memahami ketentuan hukum Islam tentang hukum keluarga
Kompetensi Dasar : 30.1. Menjelaskan ketentuan hukum tentang perkawinan
30.2. Menjelaskan hikmah perkawinan
30.3. Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
Indikator : o Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
o Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang talak
o Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang rujuk
o Menjelaskan hikmah nikah
o Menjelaskan hikmah talak
o Menjelaskan hikmah rujuk
o Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundangan tentang perkawinan di Indonesia
o Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran diharap siswa dapat :
1. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
2. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang talak
3. Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang rujuk
4. Menjelaskan hikmah nikah
5. Menjelaskan hikmah talak
6. Menjelaskan hikmah rujuk
7. Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundangan tentang perkawinan di Indonesia
8. Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.
II. MATERI POKOK
Ketentuan hukum pernikahan dalam Islam
- Rukun Nikah
- Muhrim
- Kewajiban suami isteri
- Talak
- Rujuk
Hikmah perkawinan
Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
III. METODE PEMBELAJARAN
o Ceramah
o Diskusi
o Presentasi
o Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan | Nomor Tujuan | Rincian Kegiatan | Waktu ( menit ) |
PERTAMA | | A. Kegiatan Awal - Memeriksa kesiapan siswa, - Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : - Motivasi : - Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan. | 15’ |
| | B. Kegiatan Inti
| 60’ |
| | C. Kegiatan Akhir a. Refleksi Kesan dan pesan selama proses pembelajaran Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa | 15’ |
KEDUA | | A. Kegiatan Awal - Memeriksa kesiapan siswa, - Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : - Motivasi : - Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan. | 15’ |
| | B. Kegiatan Inti
| 60’ |
| | C. Kegiatan Akhir a. Refleksi Kesan dan pesan selama proses pembelajaran Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa | 15’ |
KETIGA | | A. Kegiatan Awal - Memeriksa kesiapan siswa, - Apersepsi : Siswa di beri pertanyaan tentang : - Motivasi : - Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Rencana Kegiatan. | 15’ |
| | B. Kegiatan Inti
| 60’ |
| | C. Kegiatan Akhir a. Refleksi Kesan dan pesan selama proses pembelajaran Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya b. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa. | 15’ |
V. ALAT/BAHAN/SUMBER AJAR
- Al Qur’an dan Terjemah
- Buku PAI Kelas X
VI. PENILAIAN
A. Prosedur Penilaian
Penilaian Kognitif Jenis : Pertanyaan lisan dan tulisan
Bentuk : Uraian
Penilaian Apektif Bentuk : Lembar pengamatan sikap siswa
Penilaian Psikomotor Bentuk : Lembar observasi
B. Butir-Butir Soal
Butir – butir soal untuk kisi-kisi penilaian dijelaskan seperti tabel setelah ini,
Indikator | Jumlah | Butir-butir soal | Tingkat kesulitan | Kunci Jawaban |
| | | | |
C.. Petunjuk Penilaian
Soal Nomor | Bobot | Prosedur Penilaian | Metoda Penilaian | Teknik Perbaikan / Remidial | ||||||
Kognitif | Apektif | Psikomotor | Tulis | Praktik | Pengamatan | Tulis | Praktik | Wawancara | ||
1 | | V | | | V | | | V | | |
2 | | V | | | V | | | V | | |
3 | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | |
Lampiran :
Lembar Penilaian Kognitif :
No. | Nama | Jumlah Nilai | Nilai Akhir |
| | | |
Nilai akhir (N) = ∑ Soal x 5 = 10
Lembar Penilaian Apektif :
No. | Nama | Aspek Penilaian | Jumlah | Nilai | ||||
| | | | | | | Score | |
1 | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | |
Skala penilaian dibuat dengan rentang dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka 1 = sanga kurang 2=kurang 3=cukup 4=baik 5=amat baik
Lembar Penilaian Psikomotor
No. | Nama | Aspek Penilaian | Jumlah | Nilai | ||||
| | a | b | c | d | e | Score | |
1 | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | |
Ka. NORMADA, Drs. Supriyadi NIP. 19570410 198603 1 012 | Kalibagor, 11 Juli 2011 Guru Mata Pelajaran PAI Dudiyono, S.Ag NIP 19781224 200710 1 001 |
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. Suyanto
NIP. 19610309 198503 1 010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar