Kamis, 03 November 2011

RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP NEGERI 1 KEBASEN
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VII/1
Standar Kompetensi
:
5. Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci)
Kompetensi Dasar*
:
5.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.

Materi Pembelajaran   
  • Thaharah (bersuci)

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Demonstrasi
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.
  • Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
  • Guru menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.
2).  Elaborasi
  • Siswa menelaah lebih dalam mengenai hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.
  • Siswa berlatih mendemonstrasikan wudlu dan tayammum dengan metode .
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )


Kegiatan Penutup
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku Ayo Belajar Agama Islam untuk SMP, 
·        LKS MGMP PAI
·        Mushaf Al-Qur’an

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.
§  Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.
§  Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.
§  Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.
§  Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.











§  Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum.
Tes tertulis

Tes uraian


§  Jelaskan pengertian mandi wajib!
§  Jelaskan cara-cara mandi wajib!
§  Jelaskan sebab-sebab mandi wajib!
§  Apakah hukum mandi wajib?
§  Jelaskan sunah mandi wajib!





Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Kebasen





Drs. Wahyudi
NIP 19560715 197903 1 007

Kebasen, 18 Juli 2011
Guru Mapel PAI,





Dudiyono, S.Ag
NIP 19781224 200710 1 001



Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar