Senin, 16 Juli 2012

Al Qur'an Turun dengan Tujuh Huruf

ABSTRAK


Dudiyono, S.Ag, “Al-Qur’an Turun dengan Tujuh Huruf”, Makalah, (Wonosobo: Program Pascasarjana Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2012).
Al-Qur’an diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW menggunakan bahasa bahasa Arab, dengan demikian kemudian ada gambaran bahwa bahasa Arab memiliki nilai yang begitu tinggi. Adapun yang paling tinggi dan luas pemakaiannya adalah bahasa Arab versi Quraisy, atau dapat dikatakan sebagai bahasa MUDHAR. Bahasa MUDHAR artinya adalah bahasa Quraisy, yang ternyata bahasa tersebut mencakup tujuh bahasa yang digunakan tujuh suku yaitu suku Hudzail, suku Kinanah, suku Qais, suku Dhibbah, suku Taimu Rabab, suku Asad bin Khuzaymah dan suku Quraisy.
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.    Apa dalil-dalil yang menunjukkan tentang turunnya Al-Qur’an dengan Tujuh Huruf?
2.    Apa makna turunnya al Qur’an dengan tujuh huruf?
3.    Bagaimana perbedaan pendapat ulama dalam menafsirkan turunnya Al-Qur’an dengan tujuh huruf?
4.    Bagaimana Tarjih tentang turunnya Al-Qur’an dengan tujuh huruf?
5.    Apa saja hikmah turunnya Al-Qur’an dengan tujuh huruf?

a.    Dalil-dalil tentang turunnya al Qur’an dengan tujuh huruf ada pada hadits sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, Muslim dan at Turmudzi.
b.    Al-Qur’an diturunkan dengan tujuh huruf adalah dalam rangka memberikan kelonggaran dan kemudahan bagi pembaca, sehingga bisa memilih diantara bacaan-bacaan yang diinginkan, tapi bukan dimaksudkan bahwa semua kalimah yang ada dalam al-Qur’an bisa dibaca dengan tujuh macam bacaan, akan tetapi yang dimaksudkan tujuh bacaan yang berbeda itu pada beberapa tempat yang berbeda-beda yang bisa dibaca sampai tujuh bacaan.
c.    Adanya perbedaan ulama dalam berpendapat mengenai aQur’an diturunkan dengan tujuh huruf adalah;
1)   Ada sebagian Ulama’ berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf adalah tujuh bahasa dari kalangan orang Arab dalam pengertian yang sama,
2)   Ulama juga ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf ialah tujuh bahasa dari orang-orang Arab yang menjadi tempat dimana al-Qur’an diturunkan
3)   Yang dimaksud dengan Tujuh Huruf adalah tujuh macam di dalam al-Qur’an
4)   Tujuh huruf juga diartikan beberapa segi lafaz yang berbeda dalam satu kalimat dan satu arti.
5)   Ada pula yang mengartikan tujuh huruf dengan perbedaan dalam tujuh hal; a) Perbedaan nama-nama dalam bentuk Mufrad, Mudhakkar, dan cabang-cabangnya. b) Perbedaan dalam tasrifanya. c) Perbedaan dalam ibdal (pergantian). d) Perbedaan dalam Taqdim dan Ta’khir. e) Perbedaan dari segi I’rab. f) Perbedaan dari segi penambahan (ziadah) dan pengurangan (naqash). g) Perbedaan lahjah (dialek).
d.   Mayoritas ulama’, pendapat yang mendekati kebenaran adalah pendapat ke-empat yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan tujuh huruf adalah tujuh bahasa, seperti : Aqbil, Ta’al, Halumma, Ajjil, dan Asri’, Ilayya, Qurbi dan lain-lain.
e.    Hikmah diturunkannya al Qur’an menggunakan tujuh bahasa; Memberikan kemudahan terhadap ummat Islam, lebih mudah untuk menghafal dan memudahkan bacaannya, Sebagai mukjizat al-Qur’an dari sisi lughawi (bahasa) dan hokum, menyatukan umat Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar